Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 24 November 2015

Pengertian struktur sosial

Soerjono Soekanto: Struktur Sosial adalah organisasi yang berkaitan dengan pilihan dan keputusan dalam hubungan hubungan sosial aktual

George Simmel : Struktur Sosial itu hanyalah sekedar kumpulan individu serta pola perilakunya, namun masyarakat tidak independen dari individu yang membentuknya.

George C. Homans : mengaitkan struktur sosial dengan perilaku sosial elementer dalam kehidupan sehari hari.

Raymond Firth : Struktur sosial adalah suatu pergaulan hidup manusia meliputi berbagai tipe kelompok yang terjadi dari banyak orang dan meliputi berbagai tipe kelompok yang terjadi dan banyak dan meliputi pula lembaga lembaga dimana di dalamnya terdapat banyak orang yang ambil bagian.

Talcott Parsons : Struktur sosial adalah merupakan bentuk keterkaitan antar institusi dan bukannya antar individu

Calhoun : Struktur Sosial adalah pola hubungan hubungan, kedudukan kedudukan, dan jumlah orang yang memberikan kerangka bagi organisasi manusia, baik dalam kelompok kecil maupun keseluruhan masyarakat.

Borgotta : Struktur sosial merupakan lingkungan sosial bersama yang tak dapat diubah oleh orang perorang, yang menyediakan konteks atau lingkungan bagi tindakan manusia.

Coleman  : Struktur sosial merupakan pola hubungan antar manusia dan antar kelompok manusia

Koentjaraningrat : Struktur sosial adalah kerangka yang dapat menggambarkan kaitan berbagai unsur dalam masyarakat.

Soeleman B. Taneko : Struktur sosial adalah keseluruhan jalinan unsur unsur sosial yang pokok, yakini kaidah kaidah sosial, lembaga lembaga sosial, kelompok kelompok sosial serta lapisan lapisan sosial.

William Kornblum : Struktur Sosial merupakan pola perilaku berulang ulang yang menciptakan hubungan antar individu dan antar kelompok dalam masyarakat.

Dari beberapa definisi mengenai pengertian struktur sosial diatas, dapat dikatakan bahwa struktur sosial adalah tatanan sosial  dalam kehidupan masyarakat yang didalamnya terkandung hubungan timbal balik antara status dan peranan dengan batas batas perangkat unsur unsur sosial yang mengacu pada suatu keteraturan perilaku didalam masyarakat.

Dengan kata lain  struktur merupakan cara bagaimana suatu masyarakat terorganisasi dalam hubungan hubungan yang dapat diprediksi melalui pola perilaku berulang antar individu dan kelompok sosial.

Unsur Unsur Struktur Sosial

Menurup Ralph Linton, struktur sosial mengandung dua konsep yaitu status yang merupakan suatu kumpulan hak dan kewajiban serta peran yang merupakan aspek dinamis dari sebuah status.

Setiap struktur sosial yang muncul didalam kehidupan masyarakat bisa terjadi karena adanya unsur unsur sebagai berikut
  1. Individu : Individu sebagai pembentuk masyarakat dalam hal ini juga bertindak selaku pembentuk struktur sosial. Tidak ada sebuah struktur sosial pun yang dapat berdidi tanpa peranan individu individu dalam masyarakat
  2. Interaksi : Walaupun sederhana, pola interaktis anatar individu dalam masyarakat juga membentuk struktur sosial. Disinilah akan ditentukan apakah struktur sosial yang terbentuk mengarah pada integrasi ataupun disintegrasi


 

Struktur sosial adalah kumpulan individu serta pola perilakunya, namun masyarakat  tidak independen dari individu yang membentuknya. Apa itu Struktur Sosial.Sepanjang sejarah manusia, beberapa golongan masyarakat memperoleh kesejahteraan prestise dan kekuasaan yang lebih besar daripada golongan lainnnya. Tidak ada suatu masyarakat dimana anggotanya sama, karena sumber daya jumlahnya terbatas sehingga tidak dapat tersalurkan secara merata di masyarakat.Meskipun pembedaan sosial di masyarakat terlihat secara universal, masyarakat terbagi berdasarkan seberapa besar mereka megalokasikan sumber sumber daya yang terbatas itu. Oleh sebab itu, terbentuklah pembedaan dalam struktur masyarakat.Definisi kata struktur berasal dari bahasa latin “structum” yang berarti menyusun atau membangun. Pada dasarnya istilah struktur diartikan sebagai susunan terhadap sesuatu yang memiliki bagian bagian atau unsur unsur dan membentuk suatu susunan.

Pengertian Struktur Sosial Menurut Para Ahli

Berikut adalah pengertian struktur sosial atau definisi struktur sosial menurut para ahli.

Fungsi Struktur Sosial

 
 Pada struktur sosial terdapat perilaku perilaku sosial yang cenderung tetap dan teratur sehingga dapat dilihat sebagai pembatas terhadap perilaku perilaku individu atau kelompok. Didalam struktur sosial, individu atau kelompok akan cenderung menyesuaikan perilakunya dengan keteraturan kelompok atau masyarakat.

Menurut M. Polak, struktur sosial berfungsi sebagai ( kegunaan dan manfaat struktur sosial)
  1. Pengawas sosial, artinya sebagai penekan kemungkinan kemungkinan pelanggaran terhadap norma, nilai dan peraturan kelompok atau masyarakat.
  2. Sebagai dasar untuk menanamkan suatu disiplin sosial kelompok atau masyarakat karena berasal dari kelompok/masyarakat itu sendiri
Secara Umum, fungsi struktur sosial adalah
  1. Merupakan instrumen masyarakat untukk menyelenggarakan tata kehidupan secara menyeluruh dalam segala aspek kehidupan
  2. Struktur sosial berfungsi sebagai rangtai sistem dalam penyelenggaraan setiap aspek kehidupan sehingga menjadi teratur dan harmonis
  3. Struktur sosial merupakan karakteristik yang khas yang dimiliki suatu masyarakat sehingga dapat memberikan warna yang berbeda dari masyarakat yang lain.
Dikutip dari buku LKS IPS Modul Mitra

Demikian penjelasan tentang pengertian struktur sosial menurut para ahli, arti definisi struktur sosial, fungsi struktur sosial, struktur sosial adalah, kegunaan struktur sosial dan unsur struktur sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About